strategi yang digunakan dalam bisnis

3 Strategi perusahaan – Istilah strategi berasal dari stratos Yunani (Stratos = militer dan Ag = lead), yang memiliki sense of art atau sains sebagai general.

Istilah ini sangat sesuai dengan masa perang tua, ketika para jenderal harus memimpin perang. Dalam hal ini, strategi tersebut dapat diartikan sebagai konsep pembagian dan penggunaan kekerasan militer di daerah untuk mencapai tujuan tertentu.

Konsep militer ini cocok untuk strategi di dunia bisnis, misalnya konsep Sun Tzui, Hannibal dan Carl von Clausewitz. Di dunia bisnis, sebuah strategi untuk menarik arahan bisnis yang mengikuti perkembangan dan sebagai panduan untuk mengoptimalkan segala sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.

Baca juga: Memahami Akuntansi Keuangan

Karena setiap organisasi memiliki keterbatasan sumber daya dan tujuan yang berbeda, setiap organisasi memiliki strategi yang berbeda. Meski organisasi memiliki tujuan yang sama, namun belum tentu sumber daya yang terkait dan sebaliknya. Strategi yang digunakan organisasi ini dalam situasi berikut (Jain, 1990):

Sumber terbatas
Ketidakpastian organisasi bersaing.
Komitmen terhadap sumber daya tidak dapat diubah.
Keputusan harus dikoordinasikan dalam bagian dari waktu ke waktu.
Ada ketidakpastian tentang kontrol inisiatif.

Menurut Stoner, Freeman dan Gilbert, Jr. (1995) konsep strategi dapat dibagi menjadi dua aspek yang berbeda: (1) apa yang organisasi ingin lakukan, dan (2) perspektif mana yang diakhiri organisasi.

Dari perspektif pertama, strategi tersebut dapat diartikan sebagai program untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus sarana untuk mencapai atau mencapai tujuan tersebut.

Dalam strategi ini, eksekutif memiliki peran aktif, sadar dan rasional dalam merumuskan strategi organisasi. Strategi ini sebagian besar diterapkan pada lingkungan yang terus berubah dan lingkungan yang penuh gejolak.

Meski perspektif kedua, strategi didefinisikan sebagai respon atau respon organisasi terhadap lingkungan dari waktu ke waktu. Setiap organisasi harus memiliki strategi untuk mencapai tujuannya, walaupun strategi tersebut tidak pernah dirumuskan secara eksplisit.

Strategi ini diterapkan untuk menghubungi orang-orang yang hanya bereaksi dan pasif beradaptasi dengan lingkungan.

Penjelasan strategi eksplisit adalah kunci sukses dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Strategi memberi semua anggota organisasi arah yang jelas untuk mencapai tujuan organisasi. Jika konsep strategi ini tidak jelas, akan ada masalah antara anggota organisasi.

Baca juga: Memahami Manajemen

Dan keputusan yang dibuat untuk memutuskan masalahnya hanya akan subjektif atau hanya berdasarkan intuisi, mengabaikan keputusan lain. Meskipun sebuah strategi dipertimbangkan secara hati-hati dalam mempertimbangkan semua masalah yang dihadapi oleh tujuan organisasi.

Menurut Hayes dan Wheelwright (1984 di Stoner, Freeman dan Gilbert, Jr. 1995), sebuah perusahaan memiliki tiga tingkat strategis:
1. Strategi perusahaan di tingkat perusahaan

Strategi ini dirumuskan oleh manajemen, yang mengatur semua aktivitas dan bisnis perusahaan yang memiliki lebih dari satu unit bisnis. Karena manajer akan merumuskan disini semua fondasi perusahaan, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan, tujuan dan sasaran masing-masing unit bisnis? Cara mengoptimalkan sumber daya atau aset untuk mencapai tujuan perusahaan
2. Strategi bisnis di tingkat unit bisnis

Strategi ini lebih difokuskan pada manajemen dan operasi perusahaan tertentu. Strategi ini digunakan dengan cara yang tepat untuk menentukan bagaimana perusahaan akan menggunakan target pasarnya dan akan melaksanakannya untuk menggunakan asetnya di bawah kondisi pasar tertentu. Pertanyaan utamanya adalah bagaimana perusahaan bersaing untuk menjual jasa atau produk, target konsumen, alokasi sumber daya.
3. Strategi bisnis pada tingkat fungsional

Strategi ini merupakan bagian dari fungsi manajemen (seperti penelitian dan pengembangan, keuangan, produksi, operasi, pemasaran, tms, dll) yang dapat mendukung strategi tingkat aktivitas. Misalnya, jika strategi level level unit bisnis adalah produk baru yang dipasarkan, tim pemasaran akan mempromosikan ke pasar yang baru.

Be the first to comment on "strategi yang digunakan dalam bisnis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*