Cara Bersihkan Virus Dari Jaringan Internet

Cara Bersihkan Virus Dari Jaringan InternetVirus jaringan bisa melumpuhkan jaringan komputer. Meskipun relatif mudah membersihkan komputer atau laptop individual yang terinfeksi virus karena virus tersebut dapat dikarantina ke satu mesin saja, virus tersebut dapat bersembunyi di komputer manapun di jaringan yang terinfeksi.

Masalahnya malah lebih buruk lagi bila jaringan memiliki koneksi internet, karena virus ini sangat mungkin bisa mereplikasi dan mentransfer dirinya ke semua perangkat yang terhubung.

Evaluasi Ancaman

Langkah 1.

Untuk secara efektif melawan ancaman yang ditimbulkan oleh virus jaringan, tingkatkan tingkat keparahan infeksi menggunakan perangkat lunak antivirus berlisensi. Lakukan pemindaian jaringan lengkap untuk mengidentifikasi file dan program yang mencurigakan. Pemindaian menampilkan hasil tergantung pada tingkat dan tingkat infeksi.

Langkah 2.

Perangkat lunak antivirus dan anti-malware Anda harus selalu diperbarui. Aktifkan pembaruan otomatis dan periksa untuk melihat apakah ada pembaruan (kemudian instal) untuk memeriksa infeksi. Karena ratusan kasus malware dan virus baru dibuat setiap hari, database virus perangkat lunak Anda kemungkinan akan menjadi usang bahkan dalam beberapa hari saja.

Langkah 3.

Memahami apa file yang terinfeksi dan bagaimana pengaruhnya terhadap sistem jaringan sangat penting untuk membersihkan virus secara efektif. Sistem atau file bisa terinfeksi virus, Trojan atau keylogger – jenis ancaman jaringan yang paling umum. Mengkonfigurasi antivirus sehingga juga memindai file tersembunyi, direktori root, dan menjalankan program. Bergantung pada hasilnya, periksa situs web vendor untuk mengetahui lebih banyak tentang ancaman jaringan yang terpapar.

Counterstrike

Langkah 4.

Cadangkan semua file sistem dan registri Anda menggunakan alat yang relevan. Banyak infeksi menyebar ke file penting untuk menjalankan sistem, dan membersihkan atau menghapusnya mungkin membuat sistem Anda tidak stabil. Dengan Mac atau PC konvensional, membackup file integral memastikan data tidak hilang dan jaringan tetap stabil. Opsi “system restore” yang tersedia di semua versi Windows yang modern memungkinkan administrator untuk menetapkan titik pemulihan dimana sistem operasi dapat kembali dalam keadaan darurat.

Langkah 5.

Karantina semua file yang mencurigakan. Pilihan yang tersedia di perangkat lunak antivirus memungkinkan isolasi file yang terinfeksi dan mencegah semua pertukaran mereka dari file lain atau sistem registry. Dengan mengubah atau memalsukan entri registri dari sistem operasi, beberapa virus jaringan dapat membuat dirinya “tak terlihat” ke program antivirus. Pemindaian registri dan isolasi selanjutnya dapat menunjukkan masalah-masalah khusus ini.

Langkah 6.

Membasmi atau membersihkan semua file yang dikarantina. Beberapa antivirus juga memeriksa kotak surat untuk email yang berpotensi berbahaya. Setelah diidentifikasi oleh antivirus, email semacam itu harus dibersihkan atau dihapus secara manual.

Be the first to comment on "Cara Bersihkan Virus Dari Jaringan Internet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*